ad

 
Mikrotik Router adalah perangkat routing paket populer yang memiliki banyak fungsi jaringan. Router ini terkenal untuk kontrol bandwidth dan fungsi packet filtering serta harga murah. Mikrotik Router juga populer bagi Administrator Sistem karena memiliki antar muka berbasis windows dengan software Winbox dan mudah untuk mempertahankan. Jadi, artikel ini dirancang untuk menunjukkan konfigurasi dasar dari Mikrotik Router menggunakan Winbox.

Kebutuhan dasar konfigurasi mikrotik
  1. Anda harus menguasai dasar IP Address
  2. Router Board
  3. Aplikasi Winbox (download disini, atau disini)
  4. Tentu saja sebuah PC/Laptop untuk konfigurasinya
  5. Jaringan internet
Rencana Konfigurasi kali ini saya akan menggunkan aturan berikut:
  1. IP WAN: 192.168.1.2/24 and Gateway:192.168.1.254
  2. DNS: 8.8.8.8 and 8.8.4.4
  3. IP LAN: 192.168.100.0/24
Jika beberapa persyaratan diatas sudah Anda penuhi, maka kita sudah dapat melaksanakan konfigurasinya, langsung saja ikuti langkah berikut ini:
  1. Hubungkan PC/laptop anda dengan Mikrotik pada port No. 2 (tentunya dengan kabel UTP yang sudah ada RJ 45 nya) hehehe...
  2. Hubungkan Port Mikrotik No. 1 ke sumber internet
  3. Buka aplikasi winbox yang sudah Anda download diatas
  4. Klik pada tombol yang berada disebelah kanan isian Connect To: maka akan muncul informasi hardware yang terhubung ke PC/Laptop pilihlah MAC address yang nampak pada tampilan.
  5. Masukkan admin pada isian Login dan Password biarkan kososng, lalu tekan Connect
  6. Akan muncul jendela mikrotik dan pilih saja Remove Configuration
  7. Ganti nama interce yang ada dengan nama Either1 = 1WAN dan Either2 = 2local dengan cara pilih menu Interfaces
  8. Pilih menu IP> Adresses untuk membuka Daftar Alamat IP. Klik tombol tanda plus (+)  dan memasukkan alamat IP WAN Anda yang disediakan ISP atau juga IP sumber internet lain. Jangan lupa pilih interface either1. Sekarang klik Apply dan tombol kemudian OK. Lakukan hal yang sama untuk mengatur IP Address Local/untuk klient.
  9. Tentukan Gateway untuk jaringan lokal, dengan cara pilih menu IP > Routes. Klik tanda plus (+) untuk menambahkan rute statis barumemasukkan alamat gateway yang berasal dari sumber internet (192.168.1.254) dan klik Apply kemudian tombol OK.
  10. Tentukan DNS untuk mikrotik Anda disini saya menggnunakan DNS Primary=8.8.8.8 dan scondary=8.8.4.4.Pilih menu IP> DNS untuk mengatur DNS. Masukan IP server DNS primer dan sekunder, masukkan DNS tersebut lalu OK
  11. Langkah terakhir buatlah NAT agar kompuer klien dapat mengakses internet
    Pilih menu IP> Firewall dan pilih tab NAT dan kemudian klik tanda plus (+) untuk menetapkan aturan NAT yang baru. Pada TAB General, Chain pilih srcnat dan Out Interface pilih 1WAN. Sekarang klik pada TAB Action dan pilih masquerade. Klik Apply dan tombol kemudian OK.
Konfigurasi dasar mikrotik sudah selesai kita lakukan, sekarang untuk mengujinya, silahkan atur IP Address komputer klien dengan IP yang sejajarn dengan IP 2local:



Dan sekarang komputer klien sudah dapat terrhubung dengan internet.
Selamat mencoba....

0 comments:

Post a Comment

 
Top