ad

Terkadang kita memiliki sebuah data yang banyak pada sebuah sheet, dan ketika kita menghapus sebuah isi cell maka cell tersbut akan menjadi kosong. Bayangkan jika kita meiliki cell yang kosong itu dalam jumlah banyak dan berada pada cell yang tersebar acak, dapat dipastikan data kita menjadi tidak enak dipandang mata.

Jika kita hapus satu persatu maka akan memakan waktu yang lumayan lama, nah di Excel sebenarnya memiliki fungsi untuk menyeleksi cell yang kosong. Bagaimana caranya???


Baik, disini saya akan membeirkan contoh sederhana. Saya memiliki data seperti berikut:

Dari gambar tersebut terlihat bahwa cell yang terisi kata "ISI CELL" barada pada cell yang tempatnya tersebar. Untuk menyusun cell yang tersisi agar menjadi rapi ikut lankah berikut ini:
  1. Tekan F5, untuk menampilkan jendelan Goto
  2. Klik tombol Special, maka akan muncul jendela Goto Spesial
  3. Pilih Blank untuk menyeleksi cell yang kosong, kemudian klik OK
  4. Perhatikan, bahwa cell yang tidak memiliki isi akan terseleksi
  5. Setelah terseleksi, tugas kita sekarang adalah menghapus cell kosong yang telah terseleksi dengan Klik kanan pada cell kosong, kemudian pilih Delete.
  6. Akan muncul jendela Delet, pilih Shift cells up
  7. Dan hasilnya akan rapi seperti berikut ini;
.:: SELAMAT MENCOBA ::.

0 comments:

Post a Comment

 
Top