ad

Beberapa tahun belakangan ini santer dimasyarakat terkait layanan wifi (wireless fidelity) yang memberikan layanan internet tanpa harus menggunakan kabel. Namun dikalangan masyarakat, sepertinya ada yang beranggapan bahwa wifi sama dengan hotspot.

Banyak sekali kita lihat dibeberapat tempat menapilkan layanan free wifi dan free hotspot, padahal antara keduanya adalah sesuatu yang berbeda, Baik disini kita akan besama-sama membahas perbedaan diantara keduanya.

WIFI (Wireless Fidelity)

Merupakan sebuah teknologi yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel (menggunakan gelombang radio) melalui sebuah jaringan komputer, termasuk koneksi internet berkecepatan tinggi.
Wifi Alliance mendefinisikan Wifi sebagai sebuah produk WLAN (Wireless LAN) apapun yang didasarkan pada standar Institute of Electrical and Electrinics Engineers (IEEE) 802.11

dengan demikian dapat kita simpulkan bahwa wireless fidelity (wifi) lebih menitik beratkan pada sebuah infrastruktur atau sebuah perangkat keras.


HOTSPOT
Merupakan istilah bagi sebuah area (biasanya tempat umum) dimana orang atau user dapat mengakses internet menggunakan perangkat yang memiliki fitur Wifi sehingga dapat mengakses jaringan tanpa kabel
Selain itu untuk dapat terhubung ke sebuah hotspot seorang user biasanya harus memiliki sebuah autentikasi (user dan password)

Dengan kata lain hotspot lebih mengarah kepada sebua system (software) autentikasi yang digunakan untuk meghubungkan perangkat yang memiliki firut Wifi dengan sebuah jaringna.

0 comments:

Post a Comment

 
Top